الوقت

Popular Posts

Pengunjung

Flag Counter

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 25 April 2016


Menorehkan dakwah di Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo
(Sebuat catatan dakwah sabtu-ahad tugas dakwah Ma'had Aly UMY 2013)

Dipagi hari kita dapat menjumpai anak-anak yang menyusuri jalan dengan berjalan kaki untuk pergi kesekolah. Bahkan rata-rata mereka berjalan kaki kurang lebih 2 km/hari. bisa kita banyangkan bagaimanakah letihnya mereka . Bahkan ada yang harus berjalan kaki sampai 8 Km, terlebih lagi jika kita bayangkan kondisi jalan yang naik turun serta bebatuan yang bercadas yang mereka lalui setiap harinya, dan lebih menyedihkan lagi kondisi keluarga mereka. Dari data 36 santri TPA yang dikelola oleh teman kami. 4 (11%) anak adalah single parent akibat perceraian kedua orangtuanya yang tidak harmonis, kemudian 7 (19%) adalah anak yatim dan 19 (52%) adalah anak dari keluarga yang kurang mampu.
Para orangtua terlalu sibuk dengan dengan pekerjaan sehingga perhatian untuk pendidikan anak terabaikan. Anaknya mau berangkat sekolah saja mereka sudah senang.
Lalu bagaimana dengan para remaja dan pemudanya..? nampaknya kita juga perlu prihatin. Kebanyakan pemudnya mereka lebih memilih merantau dibandingkan bekerja dirumah, mareka merantau ke Malaysia, Kalimantan, Sumatra dll. Masih syukur kalau Idul Fitri mereka mau menjenguk orangtuanya, walaupun setelah itu mereka pergi lagi, lagi dan lagi

0 komentar: